Pages

Wednesday, 26 April 2017

Rangkuman Interaksi Manusia dan Komputer



Kali ini saya akan menjabarkan pengertian dari Analisa Kasus yakni proses mengalisis pekerjaan cara manusia, untuk menyelesaikan tugas yang diberi oleh atasan dalam perusahaan nya. Hal – hal yang mereka gunakan,  rencanakan, dan urutan tindakan yang biasa dilakukan untuk menyelesaikan tugas tergantung pada yang digunakan.

Mengapa perlu analisis tugas? Karena analisis tugas sangat baik untuk memasukkan elemen manusia secara langsung pada perancangan secara sistematis dan terbuka sehingga dapat diperiksa secara teliti.

Istilah dalam analisis tugas : 
1.     Sasaran (Eksternal task)
2.     Tugas (Internal task)
3.     Aksi (Action)
4.     Rencana (Method)
 


Dalam analisis digunakan untuk :
1.     Manual dan Pengajaran
2.     Menangkap kebutuhan dan merancang sistem
3.     Merancang antarmuka detail

Perbedaan antara teknik analisis tugas dan teknik yang lain adalah bahwa teknik analisis tugas memiliki ruang lingkup yang luas. Selain meliputi tugas-tugas yang melibatkan penggunaan komputer, analisis tugas juga  memodelkan aspek-aspek dunia nyata baik yang menjadi bagian maupun tidak menjadi bagian sistem komputer.
Teknik analisis tugas dibagi menjadi tiga bagian :

1.     Dekomposisi tugas
2.     Analisis berbasis pengetahuan
3.     Teknik berbasis relasi entitas.

Analisis tugas berkaitan dengan sistem dan prosedur yang telah ada, dan alat utama yang digunakan adalah observasi dalam berbagai format. Salah satu tujuan analisis tugas adalah membantu pembuatan materi pelatihan dan dokumentasi lainnya. Pada saat dibutuhkan sistem baru, analisis tugas memberikan kontribusi pada proses identifikasi kebutuhan sistem. Dalam hal ini, analisis tugas memperjelas dan mengorganisasikan pengetahuan mengenai keadaan saat ini.
Dikaitkan dengan proses perancangan, analisis tugas termasuk dalam tahap awal pengidentifikasian kebutuhan, sedangkan model kognitif umumnya digunakan pada saat-saat akhir selama evaluasi.

Reprentasi Data
  
   Pengertian :
                Proses perubahan konsep-konsep yang abstrak maupun nyata dalam bentuk yg kongkret.

Cara melakukan representasi data :
- Daftar, ringkasan, matriks
- Gunakan alat bantu bagan
- Tambahkan detail yang semakin bertambah
- Ketahui lebih lanjut berapa detail yang cukup
- Akankan ditambah ringkasan yang dihubungkan dengan sub-tugas khusus
- Baik untuk tugas yang terurut
- Tidak mendukung dengan baik tugas-tugas yang paralel
- Tidak mendukung dengan baik percabangan
 

Naratif :
- Menjelaskan tugas-tugas dalam bentuk kalimat
- Seringkali versi diperluas dari daftar atau ringkasan
- Lebih efektif untuk mengkomunikasikan ide-ide umum dari tugas
- Tidak efektif untuk detail
- Tidak efektif untuk tugas yang bercabang
- Tidak efektif untuk tugas paralel


Prinsip Usability

Definisi Usability :
-         Derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas.
-         Tingkat produk dapat digunakan dan ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya.

Penentu keberhasilan sistem :
-         Useful (Berguna)
-         Usable (Dapat digunakan)
-         Used (Digunakan)

Menguji daya guna ada 3 jenis uji kebergunaan menurut Levi dan Conrad tahun 1997 :
1.     Uji Eksploratori
2.     Threshold testing
3.     Uji perbandingan

Sistem yang berdaya guna untuk mengurangi biaya pelatihan, support consume, serta meningkatkan kepuasan pengguna.

Cara uji kerbegunaan ada 3 cara yaitu :
1.     Pemilahan Kartu
2.     Evaluasi heuristik
3.     Evaluasi uji skenario



Evaluasi Heuristik

         Mengeksplorasi sistem
         Mengidentifikasi masalah kebergunaan
         Mengklasifikasikan setiap pelanggaran atas satu atau lebih prinsip kebergunaan.

Daya guna Heuristik
a.     Dialog yang sederhana dan alami
b.     Berbicara dengan bahasa pengguna
c.      Mengurangi beban ingatan pengguna
d.     Konsisten
e.      Sistem timbal balik
f.       Jalankeluar yang jelas
g.     Jalan pintas
h.     Pesan kesalahan yang baik
i.       Bantuan dan dokumentasi

Penjelasan nya Daya guna Heuristik :

1. Dialog yang sederhana dan alami
         User interface mestilah seringkas mungkin dan bersifat natural dialogue.
         Pendekatan yang harus digunakan adalah dengan hanya menampilkan perintah yang diperlukan.
         Pengunaan warna, warna sering.

2. Berbicara dengan bahasa pengguna
         Dialog seharusnya menggunakan bahasa yang dipahami oleh user.
         Penggunaan singkatan dan bahasa yang tidak jelas harus dihindari, karena….
         Menghindari perintah-perintah yang berorientasi mesi atau bahasa pemrograman.

3. Mengurangi beban ingatan pengguna
= User tidak seharusnya dibebani untuk menginat atau menghafal pada saat berinteraksi dengan sistem.

4. Konsisten
User interface yang konsisten terlihat dalam menampilkan suatu interface yang menghindarkan user dari kesalahan saat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali.

5. Sistem Timbal-balik
         Sistem sebaiknya memberitahu pengguna atas segala aktifitas yang sedang berlangsung (status sistem)
         Sistem yang menunggu input dari pengguna, memproses input, menampilkan output, dll.
6. Jalan Keluar yang Jelas
         Sistem harus dapat memberikan penjelasan tentang kondisi dan solusi untuk menghindari user terjebak dalam tampilan-tampilan yang tidak diinginkan saat berinteraksi dengan sistem.

7. Jalan Pintas
Berguna untuk membantu user agar dapat menggunakan berbagai fungsi dengan mudah.

8. Pesan Kesalahan yang Baik
Sistem sebaiknya menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami sistem.

9. Mencegah Kesalahan
Sistem interface yang baik harus mampu membuat user menghindari kesalahan.

10. Bantuan dan Dokumentasi
Merupakan kemudahan yang diberikan dalam kebanyakan sistem, menjelaskan cara menggunakan sistem, ciri-ciri khusus sistem, dan mengizinkan user untuk mengendalikan sistem dengan lebih baik.


Semoga bermanfaat postingan saya untuk kali ini. Sekian dan Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

Hi! We need your comment here